Apakah Nikah Muda Sama Dengan Buru-buru Nikah?

Kamis, Juni 15, 2017

Akhir-akhir ini aku dan calon suami lagi sibuk-sibuknya nih ngurusin masalah nikahan yang kurang dari 2 bulan lagi. Padahal dulu awalnya mikir "santai aja nanti juga kelar.", eh ternyata karena terlalu santai itu kok ya jadi ngga kelar-kelar. Hahaha.

Tapi buka itu sih yang mau bahas. Aelah bahas...


Sebenernya di postingan ini aku mau sedikit curcol. Kemarin itu aku posting foto di snapgram tentang daftar nama yang udah di cetak buat nantinya di tempel di undangan, terus ada salah satu temen aku yang komen "duh kok buru-buru banget nikahnya", dari situ aku mikir, kok dia mikir aku buru-buru? did I? Enggak kok padahal? Apa karena aku masih muda?

Jadi, akhirnya aku memutuskan untuk nulis postingan buat sedikit menceritakan apa yang aku fikirkan. Bukan klarifikasi atau pembelaan diri, cuma lebih tepatnya sharing pemikiran. Mumpung otak aku lagi mau mikir di tengah sindrom bentar lagi nikah, sih. Ngga ada salahnya.

Bagi aku sendiri, nikah muda sama buru-buru nikah itu ngga sama dan ngga ada kaitannya. Hal tersebut di samping adalah hal yang berbeda, dengan kondisi yang berbeda pula. Terus dimana sih perbedaannya?




1. Nikah Muda


Sebenernya aku agak gimana-gimana sih kalo di bilang "duh kamu nikah muda ya". Kok kayanya umur aku bersalah banget gitu, lho. Apa aku harus tua dulu baru abis itu nikah? Nanti kalo nunggu tua, giliran di bilang perawan tua, salah lagi pula. Huft.


Padahal pernah ngga sih kalian nanya umur berapa orang tua kalian nikah? Mamah aku kebetulan nikah di umur 20 tahun, sih. Jadi usia aku nikah sekarang menurut aku bukan terlalu muda buat nikah. Nenek aku dari papah malah nikah umur 14 tahun, dan punya 10 orang anak. Amazing, kan?

Nikah muda itu, ya, emang nikah di umur yang masih muda. Tapi ngga semua yang muda itu belum matang, ya. Pemikirannya maksudnya. I think I've mature enough to know which is right and which I shouldn't do.

Dan yang paling penting, nikah di usia muda juga butuh pemikiran antara kedua belah pihak dan tentunya para orang tua juga, kok. Ngga dari hasil pemikiran satu bulan menghasilkan keputusan nikah yang saat itu juga. Dan yang paling penting, nikah muda bukan hasil dari kita memaksa untuk nikah secepatnya, ya, bahkan orang tua juga yang mengusulkan untuk ngga usah pacaran lama-lama. Kalo udah yakin, Inshaa Allah, ya nikah. Begitu kata mereka.

So, apa salahnya nikah di usia muda? Jangan salahin umurnya dong, mereka ngga salah apa-apa. Kegagalan hubungan itu karena ketidakmampuan sebuah pasangan dalam menghadapi kehidupan rumah tangga, ngga peduli berapapun usia pasangan tersebut.

Jadi, masih aja parno sama umur muda? Ah...



2. Nikah Buru-buru


Ini aku lebih ngga ngerti lagi sama orang-orang. Ya masa aku nikah buru-buru, emangnya aku mobil lagi balapan?

Tapi bener juga sih, pengen buru-buru nikah, takut kesalip yang lain pada nikah ngeduluin aku. Hahaha. Ketauan deh, jadi malu kan.


Kalo udah siap calon, niat, dan mental buat nikah ya nikah aja kali.

Emang kalo kita dilamar orang dan di ajak nikah saat itu juga, artinya buru-buru? Ngga juga. Buru-buru itu relatif, menandakan ketidaksiapan seseorang dan kurangnya waktu untuk persiapan. Kalo sela waktu antara lamaran dan pernikahan hanya 1 bulan sementara dalam 1 bulan tersebut kalian bisa membangun sebuah komitmen yang erat dan mampu mempersiapkan semuanya, ngga buru-buru kan jadinya?

Lagian aku udah di lamar dari akhir tahun 2016, komitmenpun sudah aku bangun bahkan sebelum acara lamaran dilaksanakan, sementara sekarang udah Juni 2017 dan pernikahan aku pun bukan sekarang. Ngga buru-buru, kan?


Jadi menurut aku nikah muda sama buru-buru nikah itu sama sekali bukan hal yang sama. Kamu bisa nikah di usia muda kapanpun kamu mau, asal kamu siap dan orang tua merestui. Tapi janganlah kamu nikah buru-buru walau umur kamu sudah tidak muda lagi karena pernikahan itu sakral dan butuh perencanaan yang matang. Maksud aku, butuh komitmen di dalamnya. Ehe.

Fani sok iya. Padahal mah kaga.

You Might Also Like

0 komentar

I'll be glad if you leave any comment :)

Subscribe