Tips Dalam Memilih Bahan Untuk Bridesmaid

Senin, Juli 24, 2017


Postingan kali ini aku mau bahas seputar pernikahan. Hitung-hitung berbagi buat bekal kalian yang belum menikah dan sedang mencari ilmu untuk mempersiapkannya. Hehe.

Jadi apa yang mau kita bahas?

Yak! Brides maid.

 Anak kecil juga bisa loh jadi brides maid!

Selain pasangan pengantin, brides maid juga merupakan bagian dalam sebuah acara pernikahan. Sebenarnya lebih ke opsional si, ngga semua acara pernikahan menghadirkan brides maid. Tapi ngga ada salahnya kan aku bahas gimana persiapan aku dalam menghadirkan para brides maid untuk ikut berperan dalam hari bahagiaku.

Jadi, aku mengundang 16 orang brides maid untuk hadir dalam acara pernikahanku. Mereka semua adalah teman-temanku dan abang yang terbagi menjadi 11 orang cewek dari teman-temanku, sedangkan 5 orang lainnya adalah cowok dari teman-teman abang. Jumlahnya memang ngga seimbang, tapi aku pikir ngga masalah karena mereka kan di untang untuk jadi brides maid bukan buat acara jodoh-jodohan. Walau ngga menutup kemungkinan ada yang nyari jodoh juga disana. Hehe.


Dalam mengundang brides maid, hal pertama dan terpenting yang perlu kita pikirkan adalah siapa saja calon brides maid yang akan kita undang. Lebih baik kalo kamu yakinkan dulu mereka akan hadir, jadi undangan brides maidmu ke mereka ngga terkesan memaksa mereka buat menghadiri acaramu. Ketika memilih siapa saja calon brides maid, kamu ngga harus memilih mereka secara berpasang-pasangan, kalo kamu mau brides maidmu cewek semua juga ngga masalah kok. Alasan aku memilih brides maidku cewek cowok adalah karena biar berkesan dari aku dan dari abang, jadi kita pilih cewek dari temen aku dan cowok dari temen abang.

Selanjutnya, kita harus mencari ide dan referensi seperti apa pakaian brides maid yang kita inginkan di pernikahan kita nanti. Menurut aku, kita perlu juga menyesuaikan tema pernikahan dengan pakaian brides maid agar terlihat lebih matching. Masa nanti si pengantin pake tema adat jawa tapi brides maidnya pake dress bertema modern, kan fales fales gimana gitu ya. Lebih bagus lagi kalo kamu memadukan warna bahan brides maidmu dengan warna dekorasi atau warna pakaian pengantin agar terlihat lebih serasi.

Poin ketiga adalah tentukan nama dan ukuran bahan yang akan kamu beli. Kalo sebelumnya kamu ngga ngerti masalah bahan dan jahit menjahit, kamu bisa konsultasi dahulu ke orang tua, teman, tante, atau siapa aja yang kiranya lebih mengerti dan bisa menbantu. Jangan sampe kamu ngga tau apa nama bahan dan berapa meter bahan yang harus kamu beli karena itu akan membuang waktu kamu saat membeli bahan nanti.

Setelah poin-poin di atas selesai, saatnya mencari dimana pasar bahan termurah di daerah kamu dan berbelanja! Kebetulan waktu itu aku belanja bahan di Jakarta bersama abang. Setelah browsing sana-sini dan bertanya ke teman-teman, akhirnya aku dan abang menjatuhkan pilihan pada Pasar Mayestik.

Apa itu Pasar Mayestik?

Kalo kamu lagi berencana belanja bahan atau segala macam aksesoris yang berkaitan dengan fashion, Pasar Mayestik di Jakarta Selatan adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Penampakan pasar ini seperti mall, dengan banyak produk fashion pakaian wanita yang terlihat dari kaca bening saat pertama kali memasukinya. Di lantai empat (kalo ngga salah, soalnya agak lupa) banyak terlihat tukang jahit dan kebaya wedding maupun dress yang mereka pajang. Tapi ngga cuma di dalem mall aja, di luarnya pun banyak ruko-ruko yang dapat kamu temui dengan produk yang ngga kalah lengkap dan menggiurkan. Aku pingin kasih foto gimana penampakan Pasar Mayestik tapi waktu aku kesana aku ngga kepikiran buat bikin post begini, jadi maaf karena ngga ada fotonya. I feel like a failed blogger. :(

Waktu itu aku lebih milih beli bahan ke ruko di luar mall karena mereka punya koleksi bahan yang lebih lengkap dengan harga murah. Aku sempet mampir ke tiga toko, tapi warna bahan yang aku inginkan ternyata agak susah di cari. Setelah berkeliling dan memutari ruko di sepanjang bangunan Pasar Mayestik, kami masuk ke toko bernama "Rani Textile" dan menemukan bahan yang aku inginkan. Aku beli satin organza dengan harga IDR 30.000 disini. Di toko sebelumnya yang bernama "Fancy", mereka menjual bahan organza seharga IDR 28.000 per meter, tapi sayang banget warna yang mereka punya ngga sesuai dengan keinginan aku. Akhirnya karena aksi tawar menawar amatir aku dan abang kepada si penjual yang gagal, juga akibat cuaca yang sudah sangat panas dan perut yang lapar, kita memutuskan untuk beli di toko tersebut saja. Ngga cuma bahan untuk brides maid, aku dan abang juga sekalian beli bahan untuk ibu dan ayah. Berikut rinciannya buat referensi kalian kalo sedang mencari harga bahan:

- Satin Organza IDR 30.000 per meter, untuk bahan atasan satu orang mungkin kamu akan membutuhkan 1,5 sampai 2 meter, tergantung ukuran badan dan model yang di inginkan.
- Satin Polos IDR 20.000 per meter, sama seperti satin organza, satin polos yang berguna untuk furing ini juga membutuhkan 1,5 sampai 2 meter per orang.
- Songket IDR 50.000 per meter, untuk bawahan wanita kurang lebih membutuhkan 2 sampai 2,5 meter per orang tergantung ukuran badan.
- Tille Salju IDR 100.000 per meter, membutuhkan 2 meter per orang.
- Luciano IDR 30.000 per meter, membutuhkan 1,5 meter per orang.
- Batik Nusantara IDR 70.000 per meter, membutuhkan 2 meter per orang baik untuk atasan cowok maupun bawahan cewek.

Khusus untuk batik aku ngga beli di Pasar Mayestik, melainkan di Thamrin City. Selama ini aku dan abang selalu ke thamcit tiap membeli batik, tapi aku ngga merekomendasikan ke kalian kalo kalian ingin mencari batik dengan harga murah. Menurut aku, batik di thamcit ini agak sedikit mahal, tapi kualitas dan coraknya bagus, sebanding dengan harganya. Nah, aku beli batik untuk bawahan brides maid cewek dan atasan brides maid cowok. Sementara satin organza dan satin polos untuk atasan brides maid cewek. Sisanya merupakan bahan untuk keperluan seragam orang tua.

Setelah keperluan membeli bahan selesai, aku lanjut mencari kotak kado untuk tembat bahan ketika mengirimkannya kepada para brides maid. Waktu itu aku membeli kotak kado berwarna biru navi berukuran 30x25x7 seharga IDR 33.000 per kotak di kotakkosong.co. Kotak ini sebenarnya sangat opsional, bahkan ngga perlu dilakukan seandainya memang kamu ngga terlalu ingin membeli kotak untuk tempat bahan. Kalo kamu kreatif, mungkin kamu bisa membuat kotak brides maidmu sendiri dari kotak bekas yang telah dihias seapik mungkin.

Aku juga membuat kartu undangan brides maid untuk teman-temanku dan memasukannya ke dalam kotak bersama dengan bahan. Kartu tersebut aku desain sendiri menggunakan aplikasi Coreldraw X7 dengan vektor yang aku dapatkan dari freepik. Setelah selesai, abang membawa hasilnya ke percetakan untuk di cetak menggunakan kertas berukuran A5. Kartu ini juga sama seperti kotak tadi yang sifatnya opsional dan dapat kamu ganti dengan alternatif lain yang lebih kreatif dan mungkin lebih murah. Yang terpenting kamu harus mendiskusikannya dengan partner kamu untuk menentukan mana yang terbaik, karena ini adalah acara kalian.

Jadi begini penampakan bahan untuk para brides maid kesayanganku:






Jadi begitulah tips  dari dalam mempersiapkan bahan untuk bridesmaid pernikahan kalian nanti, semoga bermanfaat dan memberi pencerahan. Jangan lupa selalu berkomunikasi dengan pasangan sebelum memutuskan sesuatu. Pertimbangkan kondisi keuangan juga karena masih banyak hal penting lainnya yang butuh dipersiapkan.

Nanti kalo ada waktu dan ada yang memaksa, aku akan menulis untuk tips-tips lainnya. Let's see! :D

You Might Also Like

0 komentar

I'll be glad if you leave any comment :)

Subscribe